Curtin Life Series – Keliling Perth naik kendaraan umum? Siapa takut…

Pada tau, kalau Perth itu tempat yang cocok banget buat kamu menikmati kehidupan pantai, bersantai di alam terbuka, menikmati wine kelas dunia dan juga tempat yang sangat indah untuk menyaksikan matahari terbenam? Terkenal dengan negara bagian yang paling sering dinaungi matahari, jalan – jalan di 19 pantai yang bersih dan ga terlalu rame jadi berasa asik banget kalo kamu lagi suntuk abis kuliah di Curtin University.monkey-mia-44101

Dengan berbagai tempat yang menakjubkan seperti Monkey Mia, tempat yang cocok buat kamu yang mau main sama lumba – lumba liar, Ningaloo Reef, salah satu World Heritage ini terkenal dengan ikan paus nya dan juga The Pinnacles yang bikin kamu berasa di bulan.. sayang banget ya kalo ga dikunjungi satu – satu hehe

ningloo reefBelum lagi kalo kamu udah mulai merasa butuh hiburan setelah seminggu berkutat dengan kuliahan di Curtin University.. acara – acara kebudayaan yang letaknya di seluruh Perth ini pasti bikin kamu pengen banget kan untuk datengin satu – satu.. tapi pasti mulai mikir kendaraannya? Mulai mikir buat sewa mobil atau cari temen di Perth yang bisa jadi supir? Hehe ga perlu deh, karena Perth punya banyak banget publik transportasi yang mudah di akses di seluruh kota dan sampai ada juga looh yang gratis, jadi ga perlu takut nyasar apa lagi kehabisan uang 😀
Semua publik transportasi yang ada di Perth di sediakan sama Transwa (provider public transportasi di Western Australia) dan juga Transperth. Ini adalah daftar alat transportasi di Perth ada kereta  bus, taksi dan juga ada kapal ferry yang bisa ngebawa kita jalan-jalan bareng mahasiswa-mahasiswa Curtin lainnya yang pengen liburan.
Untuk tiap alat transportasi, ada berbagai jenis tiket yang bisa kamu pilih, ada cash tickets, tiket ini kalau kamu punya kartu smart rider bisa dapet diskon dari 15% sampai 25%, khususnya buat pelajar. Juga ada tiket khusus buat pelajar yaitu student smartrider, kalau udah pake kartu ini, kemanapun kamu akan hanya akan kena 50 sen, tapi ga kena diskon 25% lagi yaaa.. hehe Kemudian ada lagi Tertiary Smartrider,University and TAFE students card, yang ini berlaku harga concession dengan diskon sampai 25%, karena student smartrider hanya berlaku untuk institusi tertentu. Tertiary smartrider berlku untuk semua institusi dan bisa dipake saat kamu Cuma lagi jalan – jalan alias pas diluar waktu kuliah kamu juga bisa tetep dapet diskon. Dibawah ini adalah jadwal rute bus, kereta dan kapal ferry yang kamu butuhin, plus biaya yang harus kamu bayar.
Untuk melihat jadwal bus klik disini. Untuk melihat jadwal kereta klik disini. Untuk melihat jadwal ferry klik disini. Aman gak? Aman banget kook.. beneran deh, jadi jangan takut naik transportasi umum
Dibawah ini adalah daftar biayanya. Biaya concession adalah biaya untuk anak-anak ataupun biaya dengan menggunakan Tertiarry Smartrider. SmartRider tertiary smart rider SmartRiderFrontYang perlu kalian inget adalah si bus CAT yang terkenal dengan alat transportasi gratisnya, ini di bikin sama pemerintah untuk mendukung kegaiatn para treveller biar ga bikin macet karena pada nyewa mobil pribadi. CAT bus digunakan untuk membantu kamu menuju alat transportasi transperth lainnya secara gratis, jadi ada beberapa jenis bus CAT yaitu: blue CAT, Yellow CAT, Red CAT, Fremantle CAT, dan  Joondalup CAT,  walaupun saat liburan bus ini ga ada tapi saat event tertentu bus ini tetep ada ko. Tiap jenis bus ini yang  juga difasilitasi dengan FTZ (Free Transit Zone) jadi bisa naik atau turun dari bis CAT terserah kamu, jadi bebas bayar.
Jenis Bis CAT

Rute

Waktu operasi

Red CAT  Queens Gardens di Perth Timur sampai Outram Street di Perth Barat Senin – Kamis (6 am – 7:30 pm)Jumat ( 6 am – 9 pm)Sabtu – Minggu ( 8.30 am – 7 pm)Jarak rata – rata tiap busa adalah 5 – 10 menit
Blue CAT Barrack Street Jetty menuju Northbridge Senin – Kamis (6.50 am – 6.20 pm) jarak tiap bis adalah 8 menit.Jumat ( 6.50 am – 1 am) jarak tiap bis adalah 15 menitSabtu  (08.30 – 1 am) jarak tiap bis adalah 15 menitMinggu ( 10.00 am – 7 pm) jarak tiap bisa adalah 15 menit
Yellow CAT Pert timur sampai Perth Barat Senin – Jumat ( 6.50 am – 6.20 pm) tiap bus akan dating tiap 8 menitSabtu – Minggu (10 am – 7 pm) bus akan dating tiap 15 menit
Fremantle CAT Fremantle business district dan daerah turis lainnya. Senin – Jumat ( 7.30 am – 6.30 pm) bis akan datang tiap 10 menitSabtu – Minggu (10.00 am – 6.30 pm) bis akan datang tiap 10 menit sekaliHari libur nasional (kecuali paskah, Hari Natal dan Boxing Day)  (10.00 am – 6.30 pm)
Joondalup CAT Pusat bisnis Joondalup dan wilayah pendidikan Senin – Jumat ( 7.30 am – 6 pm)
Naaah, enak kan di Perth, naik transportasi umum bisa gratis dan bisa keliling – keliling sampe puas jadi ga usah takut jadi travellers nekat hehehe.. 😀 Ada hal yang ingin anda tanyakan ?  Jangan ragu , silahkan hubungi kami . Konsultasi dengan kami gratis .

Email:  info@konsultanpendidikan.com

Alamat Lengkap Kami

Published by

Tinggalkan Balasan