How to Survive Saat Musim Ujian

Bulan – bulan segini nih anak-anak sekolah otaknya lagi pada tegang lantaran harus menghadapi ujian ini itu. Hampir disemua negara kalo sudah memasuki pertengahan tahun pasti musimnya ujian.

Emang sih yang namanya ujian itu pasti menyita otak kita untuk bekerja lebih keras lagi. Nggak Cuma otak tapi terkadang mental dan fisikpun ikut-ikutan mempengaruhi kita. Terkadang juga ujian bisa membuat kita stress.

students-classroom-test

Bahkan ada pula sekolah-sekolah yang malah menambah jumlah PR untuk dikerjakan. Emang sih kelihatannya bisa menambah kesempatan buat kamu untuk belajar lagi an lagi, akan tetapi hal ini bisa saja menambah ketegangan di otak kamu dan akhirnya yang kamu pelajari terbuang gitu saja.

Tapi jangan salah lhoo, ujian juga ternyata bisa membuat kamu tambah blrilliant, concice, dan bertambah pengetahuannya.

Mau tau gimana caranya? Ini nih ada tips untuk kamu bisa survive dan enjoy your examination:

quiz-test-exam-assessment-3

This is not a trick

Hal pertama yang harus kamu sadari saat kamu harus ujian adalah ujian adalah sebuat test bukan trick. Dalam test ini kamu justru memiliki kesempatan untuk menunjukkan apa yang kamu ketahui/kuasai bukan malah “menghukum” untuk hal-hal yang tidak kamu ketahui. Selain itu kamu juga harus tahu bahwa ujian bukanlah untuk “catch out” kamu tetapi untuk melihat bagaimana kamu berfikir, apa yang sudah kamu pelajari dan bagaimana kamu menuangkannya dalam menjawab pertanyaan yang ada.

If it works, then work it

Seperti yang sudah kita kasih tahu sebelumnya bahwa ujian bukan lah hal untuk menekan kamu. Ujian adalah hal untuk mengetahui seberapa kemampuan kamu dalam bidang akademik. Oleh karena itu lakukanlah ujian kamu dengan rilex dan tidak perlu menghukum diri sendiri.

china_test2

Adrenaline is your friend

Anggaplah ujian itu kamu sedang menguji adrenalin kamu untuk waktu sesaat. Jadi, don’t be scared of adrenaline & don’t drea the rush of nervous. Keduanya penting sekali saat satu jam pertamu kamu ujian.

Baca soal ujian tidak cukup sekali

Saat kamu sudah selesai mengerjakan semua soal ujian jangan pernah kamu langsung mengumpulkan lembar jawaban kamu. Sebelum dikumpulkan lebih baik kamu memeriksa kembali lembar ujian kamu dan pastikan kamu sudah yakin untuk mengumpulkannya. Dan jika masih ada waktu tersisa periksalah terus menerus lembar ujian kamu.

takingtest

Remember! Penguji as bored as you are terrified

Penguji ujian juga manusia juga kali sama seperti kamu yang sedang tegang, namun mereka juga merasa jenuh dalam mengawasi ujian. Tapi hal ini jangan dijadikan kesempatan untuk kamu berbuat curang yaaa…

Everybody fails sometimes

Einstein aja yang seorang ilmuwan dan penemu terkenal pasti pernah gagal. Jadi, kalo kamu saat ini mengalami kegagalan yaa jangan menyerah dan terus berjuang.

 

 

Ada hal yang ingin anda tanyakan ?  Jangan ragu , silahkan hubungi kami . Konsultasi dengan kami gratis .

ACCESS EDUCATION 

Whatsapp :  0812 5998 5997

Line          :  accesseducation

Telegram  :  0812 5998 5997

Email :  info@konsultanpendidikan.com

Alamat Lengkap Kami

 

 

 



Categories: Berita & Informasi, Tips

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: