5 Langkah Mengisi Aplikasi Beasiswa (Part 2)

Lanjutin dari obrolan tentang part 1 Langkah berikutnya untuk mengisi aplikasi beasiswa yaitu:

Langkah 4: Tulis sesuatu yang memukau

Dalam menulis aplikasi, isi dan cara penyampaian itu sama-sama penting. Kamu harus mempresentasikan informasi  tersebut dengan cara yang menarik. Di bawah ini ada beberapa strategi untuk membuat impresi positif dalam aplikasi kamu:

– Tunjukkan kecerdasanmu

Ada alasan kenapa orang tua kamu pengen kamu serius belajar dan dapat prestasi yang bagus di sekolah. Karena hampir seluruh juri penilai beasiswa itu (bahkan beasiswa olahraga sekalipun) bakal terkesan dengan prestasi akademik kamu. Seenggaknya cantumkanlah satu prestasi akademik dalam aplikasi beasiswa apapun itu untuk menunjukkan kalo bidang akademik kamu juga kece.

Tulis kegiatan ekskul atau hobi yang menunjukkan passion kamu

follow_your_passionBanyak penyedia beasiswa yang menyertakan ekskul dan hobi untuk diisi dalam aplikasi. Mereka pengen tau apakah kamu punya kegiatan lain selain belajar atau nonton tv. Orang yang punya banyak kegiatan dianggap sebagai orang yang well-rounded bagi para juri ini. Jadi masukin deh ekskul dan hobi kamu sebanyak-banyaknya. Tapi harus yang relevan ya! Gunakan kegiatan dan hobi kamu tersebut sebagai ilustrasi akan passion kamu terhadap subjek yang dibeasiswakan tersebut.

Kepemimpinan lebih baik dari keanggotaan

Banyak beasiswa yang memberikan ekstra poin untuk yang pernah jadi pemimpin atau mengetuai suatu kegiatan/acara. Deskripsikan contoh kepemimpinan yang pernah kamu lakukan dalam kegiatan atau hobi kamu. Ingat, kamu ga perlu punya title “pemimpin” untuk jadi pemimpin. Banyak kok yang mengorganisir suatu acara atau memimpin tim tanpa ada title resminya. Jadi kamu ceritakan aja pengalaman kamu selama memimpin tersebut. Jangan lupa jelaskan cara-cara memimpin kamu baik secara formal maupun informal ya, untuk menunjukkan kalo kamu itu worthy investment.

Prestasi dan penghargaan menunjukkan kekuatan kamu

Kamu harus menunjukkan prestasi kamu agar para juri tertarik dengan aplikasi kamu. Yang membuat prestasi itu terlihat impresif adalah cakupannya, karena menunjukkan pengaruh dari penghargaan tersebut. Jelaskan kepada juri bahwa prestasi yang kamu dapat itu ga sembarang orang yang bisa dapetin. Contoh: Penghargaan English Achievement. Penghargaan tingkat sekolah yang diberikan setiap tahun kepada dua orang siswa yang menunjukkan performa luar biasa dalam bahasa Inggris .

Kalo ga ada mendingan dikosongin

Sebenernya ga bagus juga sih untuk mengosongkan bagian dalam aplikasi. Seenggaknya usahakan untuk mengisi semua bagian dalam aplikasi. TAPI kalo ga ada sama sekali, misalkan kamu belum pernah punya pengalaman kerja sama sekali, ya berarti kamu ga usah mengisi bagian pengalaman kerja. Tapi sekali lagi USAHAKAN untuk mengisi SEMUA.

Sempurnakan semua kalimat

Biasanya kalo di aplikasi itu tempatnya terbatas kan ya? Kadang suka gak cukup untuk menjelaskan apa yang mau kamu jelaskan. Nah maka dari itu kamu harus pintar-pintar memilih kata yang to the point tapi tidak menghilangkan maksud yang mau kamu sampaikan. Lebih baik menulis yang penting-penting aja dan berikan penjelasan singkat mengenai hal tersebut daripada nulis banyak tapi gak jelas apa intinya. Coba untuk jelaskan informasi paling relevan yang menunjukkan kalo kamu berhak mendapatkan beasiswa tersebut. Aplikasi yang kamu isi ini merefleksikan kamu. Jadi gunakan sebaik-baiknya untuk menunjukkan diri kamu yang sebenarnya. Gunakan deskripsi dan kosa kata yang menunjukkan passion dan komitmen kamu.

Langkah 5: Harus berani beda

Dengan banyaknya aplikasi yang masuk, pasti akan sulit untuk menarik perhatian juri kecuali kamu beda dari yang lain. Cara untuk bisa beda ini adalah dengan mengantisipasi siapa nih kira-kira saingan kamu, meskipun cuma sekedar nebak-nebak aja. Coba liat cakupan beasiswanya. Kalo beasiswanya itu untuk sekolah medis berarti  saingan kamu itu ya yang ingin jadi dokter atau suster. Selain cakupan, kamu juga harus melihat jenis siswa yang kira-kira akan apply aplikasi tersebut. Misalkan kamu mau apply beasiswa dari asosiasi medis nasional untuk mempromosikan medical science nih, berarti saingan kamu adalah dokter yang kira-kira juga punya pengalaman dalam medical science. Nah kalo kamu punya pencapaian bagus yang kira-kira akan stand out tanpa kamu perlu gembor-gemborkan lagi itu berarti kamu beruntung banget, tapi kalo gak, nah itu pinter-pinternya kamu untuk membuat deskripsi yang beda tentang aktivitas atau prestasi tersebut. Coba untuk menuliskan detail yang akan membuat pengalaman tersebut menjadi lebih unik. Contohnya: Deskripsi biasa: Magang di Rumah Sakit Ibu dan Anak. Deskripsi Keren: Magang di Rumah Sakit Ibu dan Anak; membantu percobaan untuk menemukan obat baru untuk alergi. Dengan sedikit deskripsi singkat aja kamu udah bisa terlihat unik dan beda kan?! Jika kamu sudah dapat mengantisipasi siapa saingan kamu dan apa yang akan mereka tulis dalam aplikasi mereka , kamu akan menemukan cara untuk membuat kamu terlihat beda dari yang lain. Nah sekarang kamu udah tau kan cara ngebuat aplikasi yang keren! Selamat mencoba 😀 Ada hal yang ingin anda tanyakan ?  Jangan ragu , silahkan hubungi kami . Konsultasi dengan kami gratis .

Email:  info@konsultanpendidikan.com

Alamat Lengkap Kami

Published by

Tinggalkan Balasan